Sewa Mobil Bali Lepas Kunci

Beberapa hal yang penting sebelum menggunakan jasa sewa mobil bali lepas kunci. Pulau Dewata Bali hingga saat ini masih menjadi tujuan wisata favorit bagi banyak orang, bahkan termasuk pelancong lokal. Beberapa kali pun berkunjung ke Bali rasanya tak pernah bosan karena pulau ini menyediakan beragam wisata yang komplit, alamnya sangat indah, makanan yang lezat, penduduk lokalnya pun ramah, dan Bali juga menyimpan warisan budaya lokal yang eksotis sebagai atraksi wisata.

Ada berbagai pilihan transportasi untuk menjelajahi pulau yang indah ini, salah satunya adalah sewa mobil bali lepas kunci. Anda berminat? Sebaiknya baca dulu ulasan berikut ini.

Untuk rugi sewa mobil bali lepas kunci

Seiring dengan semakin berkembangnya sektor pariwisata di daerah tersebut, bidang-bidang bisnis lain yang berkaitan dengan pariwisata pun semakin banyak bermunculan, termasuk transportasi. Inilah sebabnya Anda bisa dengan mudah mendapatkan jasa rental kendaraan di Bali, terutama di kawasan-kawasan wisata yang ramai seperti Kuta dan Legian. Bila Anda menginginkan menggunakan transportasi rental mobil tanpa sopir atau lepas kunci, inilah beberapa hal yang penting untuk Anda ketahui.

Keuntungan menyewa mobil lepas kunci di Bali

Ada beberapa alasan yang membuat orang memutuskan untuk menggunakan jasa rental mobil tanpa sopir, tapi biasanya adalah demi kenyamanan. Beberapa orang kerap merasa tak nyaman bila ada orang asing yang turut berlibur bersama mereka, walaupun yang dimaksud adalah staf driver perusahaan jasa terkait. Selain itu dengan menyewa kendaraan sendiri mereka dapat bebas mengatur jadwal traveling sesuai keinginan.

Para pelancong juga dapat berlama-lama di sebuah obyek wisata tanpa merasa canggung dan tidak enak karena sopir harus menunggu terlalu lama. Hal ini memang dapat dimaklumi mengingat masyarakat Indonesia kebanyakan masih memegang teguh kebiasaan tak ingin membuat orang lain tidak nyaman.

Alasan berikutnya adalah untuk menghemat budget liburan. Yang terakhir ini memang dapat dimengerti karena tarif sewa mobil lepas kunci jauh lebih murah dibandingkan sewa mobil plus driver. Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa keuntungan sewa mobil bali lepas kunci di Bali adalah dapat liburan lebih nyaman, tak perlu merasa canggung karena ada orang asing pada kendaraan yang sama, dan dapat menghemat budget liburan.

Kerugian menyewa mobil lepas kunci di Bali

Setelah menguraikan kelebihan menyewa mobil dengan sistem lepas kunci, berikutnya adalah kerugian
bagi konsumen bila memilih paket sewa tanpa sopir.

  1. Kelelahan – Ini bisa terjadi bila hanya satu orang yang ditugasi menjadi pengemudi selama traveling atau mungkin karena ada satu orang yang dapat menyetir dan mempunyai SIM. Resikonya bila yang bersangkutan tak mempunyai stamina yang kuat, ia akan kelelahan dan akibatnya rencana liburan bisa berantakan. Bila dipaksakan, pada kondisi kelelahan dan mengantuk kecelakaan di jalan raya bisa terjadi.
  2. Tipe mobil – Penyedia jasa sewa mobil bali lepas kunci memang menyediakan banyak armada kendaraan bagi konsumen. Namun ada kalanya Anda tak bisa mendapatkan tipe mobil sesuai keinginan karena terlambat mem-booking. Apalagi pada musim liburan dimana peminat jasa ini membludak. Padahal agar perjalanan berjalan lancar dan nyaman, penyewa mobil lepas kunci seharusnya membiasakan diri dulu dengan mobil dari penyedia jasa, serta melakukan test drive. Hal ini tentu membutuhkan waktu dan kurang praktis.
  3. Tidak tahu medan jalan – Bagi Anda yang beru pertama kali berkunjung ke Pulau Bali mungkin agak menyulitkan untuk mengakses tempat-tempat wisata yang diinginkan karena tak mengenal daerah yang dimaksud. GPS mungkin bisa menjadi solusi namun mengharuskan Anda untuk selalu terkoneksi internet, padahal ada beberapa daerah yang sambungan internetnya lemah dan tak memungkinkan Anda untuk daring. Perjalanan jadi terganggu, bukan?
  4. Persyaratan yang banyak – Perlu diingat bahwa untuk menggunakan jasa sewa kendaraan tanpa sopir ada berbagai persyaratan yang harus Anda penuhi sebelum melakukan serah terima. Hal ini tentu bisa dimaklumi karena penyedia jasa juga perlu mendapat jaminan untuk keamanan kendaraannya yang merupakan asset perusahaan. Nah, simak ulasannya untuk mengetahui syarat-syarat yang dimaksud.

Inilah beberapa persyaratan umum sewa mobil bali lepas kunci pada berbagai perusahaan jasa.

  1. Penyewa wajib menunjukkan SIM A sesuai ketentuan yang berlaku di Indonesia.
  2. Penyewa harus menunjukkan E-KTP dan tiket pesawat atau fotonya sesuai nama yang tertera pada SIM A.
  3. Perhitungan tarif sewa kendaraan adalah per-24 jam, sehingga Anda tetap harus membayar tarif menyewa sesuai tarif minimal walaupun kendaraan digunakan kurang dari 24 jam.
  4. Over time atau kelebihan waktu akan dibebani biaya 10% dari tarif sewa untuk setiap jam-nya.
  5. Perusahaan hanya dapat menyerahkan kendaraan pada konsumen yang dapat menyerahkan KTP yang masih berlaku.
  6. Kendaraan sewa hanya boleh digunakan di kawasan Pulau Bali saja. Bila konsumen nekat menggunakan mobil sewaan keluar dari Bali maka akan dikenai sanksi. Hal ini sesuai ketentuan hukum persewaan kendaraan yang diterapkan pada asosiasi jasa persewaan kendaraan di Bali yang berada di bawah payung hukum RI.
  7. Tarif harga yang dibayar oleh konsumen sudah termasuk asuransi berbagai resiko.
  8. Bila saat digunakan oleh konsumen kendaraan mengalami kerusakan ringan seperti penyok atau lecet akan dikenakan denda sejumlah 250 ribu rupiah. Untuk kerusakan besar akan dikenakan sanksi untuk biaya perbaikan paling banyak 2.5 juta rupiah. Terakhir, untuk kerusakan fatal mulai dari kaca pecah atau yang lain dan membuat kendaraan tak lagi dapat beroperasi, konsumen harus menanggung denda sebesar biaya sewa mobil sebulan.
  9. Untuk fasilitas pengantaran serta penjemputan mobil di beberapa tempat (Sanur, Denpasar, Kuta, Seminyak, dan Airport) pada jam kerja umumnya adalah gratis. Tapi bila diluar jam kerja konsumen harus membayar biaya lembur pegawai. Tentu saja untuk pengantaran serta penjemputan kendaraan di luar area tersebut Anda dikenai biaya tambahan sesuai jarak.

Bila berniat menggunakan sewa mobil bali lepas kunci ini Anda perlu melakukannya jauh-jauh hari apalagi pada musim liburan. Salah satu alasannya adalah perusahaan jasa harus melakukan survey terlebih dahulu kepada calon klien. Hal ini membutuhkan waktu antara 1 atau 2 hari dan bisa lebih panjang bila konsumen menyewa mobil pada masa-masa high season.

Keuntungan lain bagi Anda yang melakukan reservasi sejak jauh-jauh hari adalah dapat memilih tipe mobil seperti yang diinginkan. Ketiga Anda juga bisa menghemat dana liburan untuk pos transportasi bila melakukan pemesanan paling sedikit 2 minggu sebelum jadwal liburan yang direncanakan. Alasannya, tarif sewa kendaraan akan meningkat antara 30% hingga 50% dari tarif biasa. Misalnya untuk mobil APV atau mobil keluarga, tarif sewa normal biasanya adalah 300 ribu per hari, pada waktu-waktu liburan bisa meningkat antara 375 ribu hingga 450 ribu.

Agar acara liburan di Bali berjalan lancar, sangat penting untuk bermitra dengan perusahaan jasa sewa mobil bali lepas kunci yang profesional dan terpercaya. Mintalah rekomendasi teman-teman Anda yang tinggal di Bali atau cari informasinya di forum-forum traveling di internet.

Baca Juga: Transportasi Pilihan Saat Liburan di Bali